ZigaForm version 7.0.7

Cara Memulai Bisnis Rumah Kost

Bisnis rumah kost merupakan salah satu bisnis atau usaha yang bisa dikatakan paling stabil di Indonesia, peluang dari bisnis satu ini sangat menjanjikan khususnya di perkotaan besar. Anda tinggal cari tahu bagaimana memulia bisnis rumah kost ini. Cukup sediakan tanah dan rumah. Sedangkan bangunannya sendiri, rumah kost bisa anda beli jadi atau bangun dari awal.

Sementara itu, untuk bisa mendirikan sebuah tempat tinggal di perkotaan besar tersbeut bukanlah hal yang mudah dan murah, umumnya harga lahan atau tanah di kota besar sangatlah mahal, sehingga akan membuat orang berpikir ulang untuk membangun rumahnya sendiri. Disinilah peluang bisnis rumah kost yang pastinya bisa jadi pilihan rumah tinggal dengan harga yang lebih terjangkau bagi para pendatang.

Dan untuk bisa memulai bisnis rumah kost ini pastinya juga ada beberapa aspek yang wajib Anda siapkan dan pertimbangkan. Berikut kami akan mencoba memberikan beberapa cara memulai bisnis rumah kost yang mudah untuk Anda tahu.

Cara memulai bisnis rumah kost

  • Lokasi

Penentuan lokasi properti  merupakan langkah awal yang wajib Anda lakukan di dalam memulia bisnis rumah kost. Sebab lokasi tersebut dipilih sesuai dengan segmen target pasar Anda. Misalnya saja, bila Anda memang mentargetkan mahasiswa, maka pilihan lokasi yang tepat adanya di dekat kampus. Sasaran penyewa adalah para pekerja kantor, maka dirikan rumah kost di dekat perkantoran. Bila lokasi dekat dengan pabrik maka bangunanlah tempat kost dengan sasaran para pekerja pabrik tersebut. Pastikan lokasi kost tidak terlalu jauh dari tempat mereka bekerja.

  • Jaminan kenyamanan, keamanan, dan kebersihan

Persaingan memang umumnya terjadi di setiap bisnis, tak terkecuali untuk bisnis rumah kost satu ini. Jika di sekitar tempat Anda ingin dirikan rumah kost tersebut sudah banyak berdiri rumah kost dengan fasilitas yang sama dengan milik Anda, maka jaminan kenyamanan, keamanan, dan juga kebersihan ini bisa jadi nilai plus untuk rumah kost Anda. Kenyamanan rumah kos adalah hal yang paling penting, bisa dilihat dari pencahayaan, ukuran ruangan, dan sirkulasi udara. Bila perlu pasang AC atau setidaknya kipas angin di dinding.

  • Harga

Dalam hal menentukan harga juga menjadi salah satu hal yang paling sulit, sebab beda tempat umumnya beda juga harganya. Harga tersebut dapat bergantung dari fasilitas apa yang diberikan dan jarak kost ke kampur atau kantor juga akan sangat berpengaruh. Makin lengkap fasilitasnya dan makin strategis lokasinya maka akan makin mahal pula harga sewa kost Anda tersebut. Pastikan anda tahu pangsa pasar yang dituju. Jika para mahasiswa penyewanya, maka usahakan harga murah, karena keterbatasan daya beli para mahasiswa  yang rendah. Jika dekat perkantoran anda bisa pasang tarif kost mahal dengan menambah fasilitas lebih baik.

  • Akses

Kemudahan akses khususnya transportasi juga memiliki peranan yang cukup penting. Ini nantinya akan lebih memudahkan penghuni kost Anda untuk pergi kemana-mana tanpa takut alami kesulitan saat mencari kendaraan umum. Tempat kost setidaknya harus lewat mobil jika pangsa pasar anda adalah orang kantoran dengan tarif sewa kost mahal. Bagi pasar mahasiswa, tuntutan akses jalan akan lebih mudah. Jalan setapakpun bisa, asal dekat dengan kampus.

  • Fasilitas

Fasilitas kost sangat penting sekali, tergantung dari lokasi serta target pasar Anda. Jika Anda memang mentargetkan mahasiswa, maka Anda bisa menerapkan fasilitas standar untuk tekan biaya sewa kost. Tapi, jika Anda mentargetkan karyawan, maka Anda bisa menambahkan fasilitas AC dan kamar mandi dalam, agar menjadikan mereka lebih nyaman. Berikan juga ruang terbuka, seperti taman kecil, atau sekedar hanya untuk duduk-duduk santai. Anda juga bisa manfaatkan atap rumah sebagai tempat jemuran dan sisanya dibuat tempat nongkrong di malam hari dengan memasang sekat di antaranya.

  • Berikan layanan tambahan

Menyediakan layanan tambahan ini juga bisa jadi nilai tambah untuk rumah kost Anda nantinya. Layanan seperti akses free wifi 24 jam, pastinya akan sangat menarik perhatian dari para penghuni kos, khususnya jika penghuni kostnya adalah mahasiswa. Dan bila penghuni kost Anda adalah karyawan, maka layanan cuci baju atau pun laundry juga bisa jadi pilihan menariknya. Sebab umumnya mereka sudah lelah saat pulang bekerja dan tak sempat lagi untuk mencuci pakaian, maka layanan laundry ini nantinya akan sangat membantu mereka. Ini juga bisa jadi sumber penghasilan tambahan bagi Anda.

Demikian informasi tentang cara memulai bisnis rumah kost yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.